WELCOME TO ARDHA SITE'S. THANKS SO MUCH, PLEASE VISIT AGAIN. Share Your Knowledge although One Word.

Rabu, 29 Mei 2013

MODEL PEMBELAJARAN KUMON



Model Pembelajaran Kumon    
.        a. Pengertian model pembelajaran kumon
   Model pembelajaran kumon adalah model pembelajaran dengan mengaitkan antar konsep, keterampilan, kerja individual dan menjaga suasana nyaman dan menyenangkan. Bahan pelajarannya dirancang sehingga siswa dapat mengerjakan dengan kemampuannya sendiri, bahkan memungkinkan bagi anak untuk mempelajari bahan pelajaran di atas tingkatan kelasnya di sekolah. Sistem pembelajaran dengan model kumon adalah siswa diberi tugas, setelah selesai mengerjakan tugas tersebut langsung diperiksa dan dinilai. Jika keliru dalam mengerjakan tugas dikembalikan untuk diperbaiki dan diperiksa kembali. Apabila siswa dalam 5 kali salah dalam mengerjakannya maka guru membimbing siswa sampai siswa benar-benar dapat mengerjakan tugas tersebut dengan benar. 
b.    Sintaks model pembelajaran kumon  adalah
1)   Sajian konsep.
2)   Latihan.
3)   Tiap siswa selesai tugas langsung diperiksa-dinilai.
4)   Jika keliru langsung dikembalikan untuk diperbaiki dan diperiksa lagi.
5)   Lima kali salah guru membimbing.
c.    Kelebihan dan kelemahan model pembelajaran kumon
1)   Kelebihan model pembelajaran kumon adalah
a) Sesuai dengan kemampuan karena sebelum anak belajar ada tes penempatan sehingga anak tidak merasa tersiksa.
b) Bahan pelajaran tersusun atas langkah-langkah kecil sehingga anak bisa memperoleh kemampuan dasar yang kuat.
c)  Anak mengerjakan soal secara mandiri dari tingkat yang mudah sampai tingkat yang lebih sulit bila mengalami kesulitan bisa melihat buku penyelesaian sehingga pembelajaran akan lebih bermakna.
d)   Kumon mengajak anak disiplin
2)   Kelemahan model pembelajaran kumon adalah
a)    Tidak semua siswa dalam satu kelas memiliki kemampuan yang sama.
b)   Anak belajar secara perorangan sehingga dimungkinkan tumbuh rasa individualisme.
c)    Kedisiplinan kumon kadang membuat anak-anak menjadi tidak kreatif.

1 komentar:

  1. pada prinsipnya metode kumon mempunyai kelemahan yang mendasar, yaitu : konseptual.
    dimana anak hanya dilatih untuk mengerjakan soal yang sudah jelas rumus-rumusnya, akan tetapi anak tidak diajarkan untuk mencari dasar atau parameter-parameter perhitungan yang menjadi pokok masalah sehingga hal ini menyebabkan anak kurang memahami dengan soal berbentuk cerita, penalaran dan logika. padahal hal tersebut adalah kunci utama dalam membentuk anak menjadi kreatif dan penuh inovasi, karena di jaman sekarang ini setiap orang harus bisa membaca kondisi dan peluang yang nantinya bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal.

    BalasHapus

 

Follow by Email

Google+ Followers

Nomor Kunjungan anda:

Translate